Telkom Indonesia Raih Skor ESG ‘Sangat Baik’, Perkuat Komitmen Keberlanjutan di 2024

 


Batamramah.com, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) mencatat pencapaian signifikan dalam penilaian Environmental, Social, and Governance (ESG) yang dilakukan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) pada periode 29 Juli hingga 30 Agustus 2024. Berdasarkan hasil penilaian tersebut, Telkom memperoleh predikat “Sangat Baik” untuk kinerja ESG tahun buku FY2023.

Pencapaian ini mencerminkan komitmen kuat Telkom dalam memperkuat keberlanjutan, yang ditandai dengan pembentukan unit Sustainability di awal 2024, serta peluncuran Laporan Keberlanjutan dan Laporan Risiko Iklim 2023. “Prestasi ini merupakan bukti komitmen Telkom dalam meningkatkan praktik keberlanjutan di seluruh aspek perusahaan. Kami siap menghadapi tantangan masa depan dengan tata kelola perusahaan yang baik, dampak sosial yang positif, serta manajemen lingkungan yang berkelanjutan,” ujar Ahmad Reza, SVP Group Sustainability and Corporate Communication Telkom Indonesia.

TelkomGroup menjalankan implementasi ESG dengan tiga pilar utama, yakni Right Environmental Approach, yang fokus pada manajemen lingkungan guna mengurangi dampak operasional; Right People, dengan memberikan dampak positif bagi karyawan, pelanggan, dan masyarakat; serta Right Governance, yang memastikan kepatuhan hukum, etika bisnis, antikorupsi, dan keamanan data.

Evaluasi ESG tersebut berakhir pada September 2024 dengan dihadiri sejumlah pejabat penting, termasuk Direktur Pengawasan Badan Usaha Konektivitas, Pariwisata, Kawasan Industri, dan Perumahan BPKP Yunaedi, serta Koordinator Pengawasan Kawasan Industri dan Perumahan BPKP Joko Sutrisno. Turut hadir pula Ahmad Reza, VP Sustainability Telkom Gunawan Wasisto, dan PGS SVP Risk Management Telkom Rini Fitriani.

Sebagai lembaga pengawas di bawah Presiden RI, BPKP memiliki peran penting dalam memastikan transparansi dan akuntabilitas di sektor publik, termasuk perusahaan milik negara. Dalam penilaian ESG ini, BPKP membantu Telkom Indonesia mengidentifikasi area perbaikan dalam aspek lingkungan, sosial, dan tata kelola, yang memperkuat upaya perusahaan dalam mencapai target keberlanjutan.

“Penerapan ESG yang baik tidak hanya meningkatkan nilai perusahaan, tetapi juga mendukung pembangunan berkelanjutan di Indonesia. Telkom Indonesia akan terus memperkuat inisiatif keberlanjutan di seluruh lini bisnis,” kata Gunawan Wasisto, VP Sustainability Telkom.

Lebih baru Lebih lama