Program Nutrition Fact, Telkom Dukung UMKM Binaan Perkuat Daya Saing di Pasar Internasional

Batamramah.com, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui Rumah BUMN Telkom terus memperkuat komitmennya dalam mendukung pengembangan UMKM Binaan Telkom di Indonesia. Salah satu upayanya adalah melalui Program Nutrition Fact, yang berlangsung sejak Maret 2024 dan telah melibatkan 352 UMKM dengan lebih dari 680 produk, termasuk makanan dan minuman seperti keripik, sambal, kue kering, serta kacang-kacangan.

Program ini hadir sebagai respons terhadap meningkatnya kesadaran konsumen mengenai pentingnya gizi seimbang. Berdasarkan laporan International Food Information Council (IFIC) pada 2023, sebanyak 81% konsumen membaca label nutrisi sebelum membeli produk makanan. Hal ini menunjukkan bahwa pencantuman label nutrition fact pada kemasan produk dapat meningkatkan kepercayaan konsumen dan memperkuat daya saing UMKM di pasar.

Peraturan BPOM Nomor 26 Tahun 2021 yang mengatur kewajiban mencantumkan nutrition fact juga semakin mendorong UMKM untuk memenuhi standar ini. Dengan dukungan Telkom, UMKM Binaan Telkom kini mampu menghadirkan produk yang lebih berkualitas dan memiliki daya tarik di mata konsumen, baik di pasar lokal maupun internasional.

Pemilik Padma Herbal, Ellida Pande, salah satu UMKM Binaan Telkom dari Rumah BUMN Tabanan, Bali, merasakan manfaat besar dari program ini. “Terima kasih kepada Telkom atas kesempatan yang diberikan kepada Padma Herbal. Melalui Program Nutrition Fact, kami berhasil meningkatkan kualitas produk dan daya saing, sehingga dapat bersaing dengan kompetitor, bahkan menembus pasar internasional,” ungkapnya.

Hery Susanto, Senior General Manager Social Responsibility Center Telkom, menyampaikan bahwa program ini merupakan bagian dari strategi Telkom untuk meningkatkan kualitas UMKM Binaan Telkom. “Kami terus mendorong peningkatan kelas UMKM dari berbagai aspek, termasuk dengan pencantuman nutrition fact. Tujuannya adalah agar produk UMKM lebih dipercaya oleh konsumen, sehingga mampu bersaing di pasar nasional dan internasional,” ujarnya.

Program Nutrition Fact ini mencerminkan komitmen Telkom dalam mendukung UMKM Binaan untuk lebih kompetitif, tidak hanya di pasar domestik, tetapi juga global, serta membangun kepercayaan konsumen terhadap produk-produk mereka.

Lebih baru Lebih lama