Mustamin Bakri : Sudah Ada Tanda-tanda Natuna Akan Dipimpin Wanita


Batamramah.com, Natuna – Mustamin Bakri, Penasehat pemenangan pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Natuna, Cen Sui Lan-Jarmin Sidik (Cermin) mengatakan, saat ini sudah ada tanda-tanda bahwa Natuna akan dipimpin oleh seorang wanita.

Hal ini digelorakannya saat menggelar kampanye bersama Cermin di kediaman Jama'in di Air Batu, Kelurahan Sedanau, Sabtu malam (12/10/2024).

Menariknya kata Mustamin, Pejabat sementara (Pjs) Bupati Natuna saat ini adalah seorang perempuan yang dipandang sebagian masyarakat sebagai tanda alam bahwa giliran bupati kali ini adalah seorang perempuan. 

Pjs Bupati Natuna saat ini yakni Dr.Rika Azmi, berasal dari kampung Air Batu, Sedanau, dan ini semakin menguatkan keyakinan bahwa Cen Sui Lan, sebagai calon dari luar, punya peluang besar.

"Saya tidak maju tahun ini karena saya percaya giliran kali ini adalah untuk orang luar. Tanda-tanda alam juga sudah terlihat," ujar Mustamin, disambut riuh tawa masyarkat dalam kampanye tersebut.

Selain itu, tradisi politik di Natuna menunjukkan bahwa belum pernah ada bupati yang menjabat dua kali berturut-turut, sehingga masyarakat percaya bahwa rotasi kepemimpinan mengikuti pola naik-turun.

Dalam sejarah, Bupati Natuna silih berganti, dimulai dari Hamid Rizal, Daeng Rusnadi, Raja Amirullah, Ilyas Sabli, hingga kembali ke Hamid Rizal dan saat ini Wan Siswandi. 

Melihat pola ini, banyak pihak menyatakan bahwa giliran kali ini adalah milik "orang luar" dengan Cen Sui Lan yang berada di garis terdepan untuk mengisi posisi tersebut.

"Sesuai dengan trah Natuna, rotasi kepemimpinan ini bergiliran. Kali ini giliran Bu Cen, seorang tokoh yang dianggap bisa membawa perubahan baru bagi Natuna," terang Mustamin.

Turut hadir pada kesempatan itu, Ketua Pemenangan Hadir Chandra, Sekretaris Marzuki, Bendahara Daeng Amhar, dan sejumlah anggota DPRD Natuna yang trgabung di tim Cermin membara.

Lebih baru Lebih lama