Mandiri Bintan Marathon 2024 Akan Digelar 2-3 November, Targetkan Ribuan Peserta

 


Batamramah.com, Batam - Event Mandiri Bintan Marathon yang biasa diadakan di kawasan Bintan. Kini hadir kembali pada tanggal 2-3 November mendatang di Bintan Resort, Bintan. Kegiatan ini merupakan yang ketiga kali sebelumnya diadakan pada tahun 2017 dan 2018. 

Acara ini menawarkan pengalaman lari yang tidak hanya menantang secara fisik, tetapi juga menyegarkan dengan pemandangan alam yang indah sepanjang rute.

Adapun beberapa Kategori lari yang disediakan yaitu mulai dari Full Marathon (42 kilometer) dengan biaya pendaftarannya Rp1 juta, Half Marathon (21 kilometer) Rp800 ribu, hingga jarak-jarak pendek seperti 10 KM Rp650 ribu, sementara 5 KM sebesar Rp450 ribu, 3 KM Family Kids Run Rp400 ribu dan Family Kids Run (Kepri) Rp200 ribu. 

Untuk Family Kids Run yang memungkinkan peserta berlari bersama keluarga, menjadikan acara ini cocok untuk semua kalangan, dari pelari profesional hingga keluarga yang ingin menikmati olahraga bersama.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Kepulauan Riau, Guntur Sakti, menyoroti pentingnya event ini dalam mendukung pariwisata lokal, terutama sport tourism di kawasan Bintan dan Lagoi. Kegiatan ini sudah dikemas secara menarik untuk meningkatkan kunjungan wisatawan.

"Kepri sebagai salah satu gerbang masuk wisatawan mancanegara, sangat wajar jika kita menyiapkan atraksi kelas dunia. Aksesibilitas dan fasilitas di Lagoi, Bintan, sangat sempurna,” ungkap Guntur kepada awak media, Selasa (08/10/2024).

Masih kata Guntur, Mandiri Bintan Marathon dikemas untuk meningkatkan angka kunjungan wisatawan, baik domestik maupun internasional.

“Selain itu, acara ini juga memperkuat posisi Bintan sebagai destinasi sport tourism berkelanjutan di Indonesia,” terang Guntur.

Dijelaskan Guntur, kawasan Bintan, telah mendapatkan penghargaan sebagai destinasi pariwisata berkelanjutan. Maka dari itu, setiap acara olahraga di Bintan, termasuk Mandiri Bintan Marathon, didedikasikan untuk mendukung pariwisata ramah lingkungan. Peserta tidak akan menemukan kemacetan, polusi, atau stres selama mengikuti lomba, karena mereka akan disuguhi pemandangan alam yang menakjubkan sepanjang rute.

Mandiri Bintan Marathon tidak hanya fokus pada kuantitas peserta, tetapi juga pengalaman berkualitas. "Lagoi, Bintan, tetap mengutamakan quality experience dan quality exposure.

Guntur Berharap dengan adanya kegiatan Mandiri Bintan Marathon dapat memantapkan Bintan sebagai destinasi utama sport tourism, baik di Kepri maupun di Indonesia.

“ Dengan daya tarik yang ditawarkan, Mandiri Bintan Marathon diharapkan dapat menarik minat pelari dari seluruh penjuru tanah air dan internasional," ucap Guntur.

Sementara, Vice President Area Head Bank Mandiri Batam, Antonius Budi Setiawan menyatakan komitmennya untuk mendukung dan menyukseskan penyelenggaraan Mandiri Bintan Marathon 2024. Sebagai sponsor utama, Bank Mandiri siap membantu pengembangan pariwisata daerah melalui event besar ini.

"Ini adalah kolaborasi penting untuk mengembangkan pariwisata di Provinsi Kepri, terutama di Bintan, yang memiliki potensi maritim dan letak strategis sebagai pintu gerbang internasional. Kerjasama ini juga menunjukkan sinergi antara Indonesia dan negara tetangga seperti Singapura," terang Antonius.

Menurutnya, Bank Mandiri telah berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam mendukung kegiatan ini, baik dari segi promosi maupun persiapan teknis. Salah satu bentuk dukungan konkret Bank Mandiri adalah mempermudah masyarakat untuk membeli tiket acara melalui platform digital Livin’ Shuka by Mandiri. Hingga kini, sudah sebanyak 542 tiket telah terjual, dengan target 3.500 peserta.

Masih katanya, "Livin’ Shuka by Mandiri  telah memudahkan pembelian tiket marathon dan paket hotel di sekitar lokasi acara. Kami berharap, peserta tidak hanya datang untuk berlari tetapi juga menikmati fasilitas pariwisata yang ada di Bintan," tambah Antonius.

Sedangkan Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Bintan Ahdi Muqsith, sangat mensurport Mandiri Bintan Marathon yang digelar di Bintan. Karena, kawasan Bintan, sangat dikenal dengan panoramanya indah, segar dan aman untuk menggelar kegiatan fun run.

"Tentunya kami sangat mensurport kegiatan ini digelar di Bintan. Banyak pengalaman yang dapat dirasakan peserta lari. Apalagi kegiatan ini dilaksanakan di Bintan Resort," ungkap Ahdi.

Senada juga disampaikan, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kepri Usep. Pihaknya mendukung dan mendorong kegiatan Mandiri Bintan Marathon 2024, yang akan digelar pada November mendatang. Diperkirakan akan menarik minat ribuan peserta dari dalam dan luar negeri. 

"Event ini tidak hanya menjadi ajang olahraga, tetapi juga bagian dari strategi promosi pariwisata daerah yang diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kepri," tutur Usep.

Lebih baru Lebih lama