Liberte Institute Lakukan Suvey Pilkada kota Batam 2024


Batamramah.com, Batam - Lembaga Survey Konsultan Politik dan Kebijakan Publik, Liberte Institute kembali melakukan survey pilihan masyarakat dalam Pilkada Kota Batam dari tanggal 17 - 23 Oktober 2024.

Menurut hasil survey, masyarakat Kota Batam menentukan pilihannya ke pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Batam Amsakar Ahmad - Li Claudia Chandra (ASLI) di angka presentase 73,5 %.

Sedangkan pasangan Calon Nuryanto - Hardi Hood dengan angka presentase 20,3%, lalu presentase golput 0,3% serta masyarakat memilih diam di angka 5,9%.

Indrayadi selaku Direktur Lembaga Survey Liberte Institute menuturkan bahwa hasil survey ke tiga ini meningkat dari hasil survey yang lalu.

"Kita sudah melakukan survey sebanyak tiga kali di Kota Batam, survey pertama dilakukan di pada bulan Januari tahun lalu dan hasil survey selalu ada peningkatan sampai survey terakhir ini," ungkap Indra dalam Konferensi Pers nya di Hotel Sahid Batam Center, Sabtu, (26/10/2024).

Indra juga mengatakan survey yang dilakukan menggunakan metode Multi Stage Random Sampling dengan 1.200 Responden Pemilih. Penarikan sampel sesuai dengan populasi pemilih Kota Batam yang dikelompokkan menurut Kelurahan di tiap Kecamatan serta dipilih secara proporsional.

Dimana, setiap kelurahan dipilih tiap RT satu orang yang punya hak pilih 

Laki-laki maupun perempuan sesuai KK secara random sebanyak 20 - 50% dari jumlah RT yang ada di Kota Batam.

Sebagai informasi, Lembaga Survey Liberte Institute yang terpusat di Kota Padang ini merupakan lembaga yang dipercaya mabes polri dan resmi terdaftar serta terverifikasi di Komisi Pemilihan Umum.

Lembaga Survey Liberte Institute juga tergabung dalam AROPI (Asosiasi Riset dan Opini Publik Indonesia). Dan telah melakukan banyak survey politik maupun kebijakan publik seluruh Indonesia.

Lebih baru Lebih lama