Himbauan PT TPM Terhadap Warga Tembesi Tower, Setelah Menerima SP 1 dari Tim Terpadu Pemko Batam


Batamramah.com, Batam - PT Tanjung Piayu Makmur (PT TPM) selaku pengembang dan pengelola kawasan industri di atas lahan seluas kurang lebih 100 hektar di Tembesi, Kecamatan Sagulung saat ini terus menunjukkan progres dan kemajuan dalam melaksanakan aktivitas pembangunan. 

Pada hari Senin tanggal 21 Oktober 2024, Pemerintah Kota Batam melalui Tim Terpadu (Timdu) Pengawasan dan Penertiban Bangunan Liar Kota Batam yang terdiri dari koordinasi lintas instansi, antara lain pihak Kepolisian Daerah Kepulauan Riau, Satuan Polisi Pamong Praja Pemerintah Kota Batam dan Direktorat Pengamanan BP Batam, telah menerbitkan dan mendistribusikan surat peringatan pertama (SP1) terhadap warga Tembesi Tower RW 16 yang menduduki lahan PT TPM. 

Melalui SP1, Timdu dengan tegas menghimbau warga Tembesi Tower RW 16 untuk secara sukarela segera membongkar bangunan sebelum dilakukan pembongkaran paksa oleh Timdu. Pembagian SP1 ini dilaksanakan setelah sebelumnya dilakukan sosialisasi oleh Timdu terhadap warga Tembesi Tower RW 16.

Diterbitkannya SP1 oleh Timdu merupakan bentuk tindakan pembinaan, penegakan hukum dan penertiban terhadap penguasaan fisik, penyerobotan, dan/atau pendudukan tanah tanpa izin oleh Warga Tembesi Tower RW 16, terlebih lagi menggarap, menanam, dan/atau mendirikan bangunan liar di atasnya. 

“Penerbitan dan pendistribusian SP1 oleh Timdu juga merupakan bentuk dukungan seluruh unsur Pemerintah Kota Batam dalam memulihkan hak atas tanah dan hak pemanfaatan tanah yang dialokasikan kepada PT TPM untuk pengembangan industri di Kota Batam”, jelas Anwar selaku Direktur PT Tanjung Piayu Makmur.

Masih kata Anwar, PT TPM senantiasa mendukung pelaksanaan pembebasan lahan melalui pemberian sagu hati atau melalui alokasi Kavling Siap Bangun (KSB) yang sudah siap digunakan untuk penyelesaian permasalahan pemukiman ilegal warga Tembesi Tower RW 16 yang menduduki lahan PT TPM.

“Kami memahami bahwa meninggalkan rumah tempat anda tumbuh besar adalah hal yang sulit. Namun, kami yakin bahwa dengan dukungan dari pemerintah dan PT TPM, warga Tembesi Tower akan dapat membangun kehidupan baru yang lebih sejahtera di Sei Daun Piayu,” jelas Anwar kepada awak media, Sabtu (26/10/2024).

Relokasi ini bukan hanya sekedar perpindahan tempat tinggal, tetapi juga merupakan kesempatan bagi warga untuk memulai babak baru dalam hidup, dengan kualitas hidup yang lebih baik. Kawasan Sei Daun Piayu telah dirancang dengan matang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, termasuk fasilitas pendidikan, kesehatan, dan pusat perbelanjaan. 

“ Anak-anak akan memiliki akses pendidikan yang berkualitas, sementara para orang tua dapat menemukan peluang usaha baru,” terang Anwar.

Lanjut Anwar, SP1 yang telah dikirimkan beberapa waktu yang lalu sudah berjalan sesuai prosedur yang ada. 

“ Kami himbau untuk 270 KK yang masih tinggal di Tembesi Tower dapat segera sepakat untuk mengambil sagu hati serta kaveling siap bangun yang telah kami sediakan sebelum SP3 dikirimkan oleh Tim Terpadu Pemko Batam,”ungkap Anwar. 

Sementara itu, Bali Dalo, selaku kuasa hukum dari PT TPM menegaskan bahwa Timdu memiliki kewenangan dan landasan hukum yang kuat.  

“Dalam menerbitkan surat peringatan, termasuk melakukan tindakan tegas terukur berupa pengosongan dan pembongkaran bangunan liar pada saatnya nanti, sehingga perlawanan apapun dari warga Tembesi Tower RW 16 menjadi percuma dan tidak akan menyelesaikan masalah,” jelas Bali Dalo

Dijelaskan Bali Dalo, langkah terbaik dan pilihan bijak yang dapat diambil oleh warga Tembesi Tower adalah menerima sagu hati atau relokasi ke kavling yang telah disediakan di Sei Daun, Piayu.

“ Pilihan ini sangat manusiawi dengan memberikan kepastian hukum, serta ketenangan lahir dan batin untuk anak dan cucu di masa depan”, tutur pengacara kondang tersebut.

Lebih baru Lebih lama