Dua Dokter Rumah Sakit KPJ Johor Berikan Tips Menjaga Kesehatan Deteksi Dini Penyakit Kanker


Batamramah.com, Batam - Rumah sakit KPJ Johor, Malaysia mengadakan acara Dinner Eksklusif dengan tema “ Perempuan Tangguh, Jaga Kesehatan Reproduksi dan Gaya Hidup” bertempat di Ballroom Hotel Planet, Jodoh, Batu Ampar, Kota Batam pada Jumat (18/10/2024) malam.

Hadir dalam acara tersebut Haliza Binti Khalid, CEO KPJ Johor Specialist Hospital, bersama mitra rumah sakit dan warga Batam yang antusias mengikuti diskusi. 

“ Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran para wanita mengenai pentingnya menjaga kesehatan tubuh dan mental melalui pola hidup yang sehat,” ungkap Haliza.

Adapun dua orang narasumber yang hadir yaitu Dr. Mohanraj Khrishnasamy, pakar Obstetrics & Gynaecology dan Reproductive Medicine, serta Assoc. Prof. (C) Dr. Mohamad Ismail Ali, pakar General Surgery dan Colorectal Surgery dari KPJ Johor Specialist Hospital.

Dr. Mohamad Ismail Ali mengatakan bahwa semakin banyak perempuan yang sadar akan pentingnya menjaga kesehatan reproduksi. Ini membuktikan perempuan sudah mawas diri menjaga kesehatan.

"Sekarang ini banyak yang berani berkonsultasi ke rumah sakit ketika merasakan sesuatu yang tidak normal. Hal ini menyebabkan penurunan jumlah kasus penyakit yang tidak tertangani, termasuk kanker stadium lanjut," ungkap Dr.Mohamad. 

Dr. Mohamad menjelaskan betapa pentingnya deteksi dini, terutama untuk kanker payudara. Menurutnya, bagi perempuan dengan risiko tinggi, seperti riwayat keluarga kanker, tidak pernah menyusui, atau perokok, sangat penting untuk rutin melakukan pemeriksaan. 

"Pemeriksaan sendiri bisa dilakukan setiap bulan setelah siklus menstruasi, sementara mammogram direkomendasikan setiap dua tahun bagi yang berusia di atas 40 tahun,” jelas Dr.Mohamad.

Dalam paparannya, Dr. Mohamad menekankan pentingnya mengenali benjolan di payudara. Jika menemukan benjolan, segera periksa ke dokter. Benjolan bisa berupa kista yang mengandung cairan atau tumor. 

"Tidak semua tumor bersifat kanker, namun jika tumbuh terus menerus, pemeriksaan lebih lanjut diperlukan," sambung Dr.Mohamad.

Selain kanker payudara, Dr. Mohamad juga membahas tentang kanker usus yang menjadi salah satu jenis kanker paling umum. 

“Perempuan yang berusia 40 tahun ke atas juga disarankan untuk melakukan pemeriksaan usus secara rutin setiap lima tahun," ucap Dr.Mohamad.

Sementara itu, Dr. Mohanraj Khrishnasamy menambahkan perempuan harus dapat meningkat meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan reproduksi dan melakukan deteksi dini untuk mencegah penyakit serius terutama kesehatan reproduksi.

"Kanker bisa menyerang siapa saja baik muda dan tua. Pemeriksaan dini sangat diperlukan. Karena kaum perempuan rentan terhadap kanker, jadi sangat penting  menjaga kesehatan reproduksi," tutur Dr Mohanraj.

Lebih baru Lebih lama