Cermin Siapkan Program Pinjaman Tanpa Bunga untuk Masyarakat Natuna


Batamramah.com, Natuna - Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Natuna, Cen Sui Lan-Jarmin Sidik (Cermin), akan menggelontorkan pinjaman modal usaha tanpa bunga untuk membantu perekonomian masyarakat kabupaten Natuna.

Pinjaman tanpa bunga dicanangkan oleh pasangan Cermin ini, tidak ubah seperti program yang digulirkan oleh pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Ketua Tim pemenangan pasangan Cermin, Hadi Chandra, mengatakan, program ini akan dijalankan apabila Cen Sui Lan dan Jarmin terpilih dalam Pilkada Natuna tahun 2024.

"Kalau Cen Sui Lan dan Jarmin terpilih, kita akan shering anggaran dengan pemerintah provinsi. Insyallah dianggarkan melalui APBD sebesar Rp 2 milyar. Jumlah pinjamannya tidak Rp 20 juta, tapi Rp 30 juta," pungkasnya saat kampanye di Karang Kasmir, Sedanau, Minggu (13/10/2024).

Dijelaskan Hadi Chandra, pinjaman modal usaha tanpa bunga tersebut, nantinya dapat  dipergunakan untuk modal usaha rumahan maupun usaha lainnya.

"Yang bagi nelayan, nanti bisa untuk rehap pompong, beli satelit, fish finder. Sementara  ibu-ibu juga buat usaha rumahan," katanya.

"Pinjaman ini bunganya tidak ada. Pemda Natuna dan Pemprov Kepri yang bayar. Bapak-ibu cukup mengembalikan pokoknya saja dan menyiapkan agunan," timpalnya.

Mantan Ketua DPRD Natuna ini mengatakan, kedepan, program Cen Sui Lan dan Jarmin tidak akan muluk-muluk. Mengedepankan kemudahan, karena duit rakyat harus kembali ke rakyat.

Disamping itu, politisi Partai Golkar ini juga menyampaikan, Provinsi Kepri dibawah pimpinan Ansar Ahmad, tahun depan akan menaikkan jumlah pinjaman tanpa bunga dari Rp 20 juta menjadi Rp 40 juta.

Selain menaikkan jumlah pinjaman, kuota penerimanya juga ditambah menjadi 200 penerima di kabupaten Natuna.

Ia berharap, dengan adanya program pinjaman usaha bungan nol persen ini,  dapat meningkatkan perekonomian dengan bertumbuh kembangnya usaha masyarakat.

Lebih baru Lebih lama