Cen Sui Lan Tinjau Langsung Rumah Penerima RTLH di Kampung Air Raya

Batamramah.com, Natuna - Pasangan calon Bupati Natuna nomor urut satu, Cen Sui Lan meninjau rumah penerima program bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) atau bantuan rumah tidak layak huni (RTLH).

Adapun rumah yang ditinjau yakni rumah Jariyah warga Kampung Air Raya, Kelurahan Bandarysah, Kecamatan Bunguran Timur.

Dikatakan Cen, untuk tahun ini ada sebanyak 431 rumah tidak layak huni yang nantinya akan dibangun untuk kabupaten  Natuna.

"Program ini dibangun melalui aspirasi saya saat menjabat anggota Komisi V DPR RI," ujar Cen, Minggu (06/10/2024).

Masih kata Cen, untuk mensukseskan program BSPS atau RTLH ini, sebanyak Rp 8,6 miliar dana yang sudah digelontorkan.

"Di sini (Air Raya) sebanyak 23 rumah yang mendapatkan program RTLH," ungkap Cen.

Lanjut Cen, untuk tahap pertama 20 rumah yang akan dibangun, sementara sisanya masuk tahap dua.

"Program ini tinggal dilaksanakan saja, soalnya semua proses sudah selesai," ungkap Cen.

Wanita muslimah, yang didapuk sebagai Ketua Dewan Pembina Persatuan Islam Tionghua Indonesia (PITI) Provinsi Kepri itu menambahkan, bahwa masing-masing rumah mendapatkan Rp20 juta untuk bantuan bedah rumah tersebut.

Selain bantuan bedah rumah, istri dari H. Raja Mustakim, yang merupakan Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Provinsi Kepri itu, juga akan membangun sejumlah infrastruktur penting di Kabupaten Natuna. Mulai dari jalan, embung, pelabuhan, jembatan, dan sejumlah pembangunan infrastruktur lainnya.


“Contohnya Embung di Serasan sudah selesai kita kerjakan, melalui Kementerian PUPR. Embung tersebut untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi warga yang menghuni Huntap (Hunian Tetap) di Serasan. Habis ini juga ada pembangunan embung di daerah Subi,” pungkas Cen.

Untuk diketahui, Cen Sui Lan (Aisyah) merupakan Srikandi tangguh yang tidak banyak mengumbar janji. Iya selalu berkomitmen untuk membantu masyarakat Natuna, baik dari segi pembangunan maupun bidang sosial.

Terbukti jauh sebelum dirinya mencalonkan diri menjadi Bupati Natuna, berpasangan dengan Jarmin Sidik yang notabenenya asli putra daerah, dirinya sudah berbuat banyak dan sudah terbukti.

Baginya Natuna merupakan daerah pesisir yang butuh pemimpin tangguh dan punya relasi banyak di pusat, sehingga Natuna bisa cepat berkembang baik pembangunan maupun ekonominya.

Lebih baru Lebih lama