Cen Sui Lan, Perempuan Tangguh Yang Siap Buat Perubahan Untuk Natuna

 


Batamramah.com, Natuna - Dari Pelabuhan Penagi, Langkahnya pasti menyusuri lorong dan tangga dek KMP Bahtera Nusantara (BN) 01 berjenis RoRo. Didampingi wakilnya, Jarmin Sidik, perempuan yang lahir di Kuala Langkat Sumatera Utara pada 11 mei 1967 ini akan melakukan kampanye di Serasan dan Serasan Timur.

Meskipun perjalanan harus ditempuh lewat jalur laut, karena Natuna mempunyai geografis kepulauan, perempuan tangguh yang mempunyai nama lengkap Cen Sui Lan ini tidak ragu dan cengeng.

"Dari informasi yang saya dapat, cuaca sedang tidak baik-baik saja, cuaca ekstrem. Bagi saya yang penting niat kita baik dan serahkan semuanya sama Allah, pasti diridhoi," katanya di sela-sela duduk sambil ngobrol santai bersama Ketua Tim Pemenangan, Hadi Chandra, anggota DPRD Kabupaten Natuna dan DPRD Provinsi Kepri di kantin KMP BN 01, Senin (14/1012024).

Banyak hal yang dibahas, obrolan seputar Pilkada, program pembangunan hingga hal-hal umum menjadi topik obrolan. Sesekali wajah perempuan yang menjabat sebagai Ketua Dewan Pembina Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) Provinsi Kepri itu terlihat serius, sesekali pula senyumnya terlihat dengan candaan ringan yang dilontarkan saat itu.

"Jadi seorang pemimpin itu harus lincah, gesit dan cepat tanggap dengan keluhan masyarakat. Sebagai Calon Bupati Natuna Nomor Urut Satu, saya tidak ingin banyak mengumbar janji. Sudah jadi komitmen saya untuk membantu masyarakat Natuna, baik dari segi pembangunan maupun bidang sosial," katanya sambil melihat pemandangan laut lepas.

Baginya, Natuna merupakan daerah pesisir yang butuh pemimpin tangguh dan punya relasi banyak di pusat, sehingga Natuna bisa cepat berkembang, baik dari pembangunan maupun ekonominya. 

"Saya sudah banyak masukan dari senior dan teman-teman terhadap program apa lagi yang akan saya lakukan lagi untuk Natuna, saya sudah pikirkan itu," jelasnya.

Untuk kepentingan masyarakat, istri dari Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Provinsi Kepri, H. Raja Mustakim ini tidak akan pernah main-main.

"Coba cek rekam jejak saya, sebelum saya mencalonkan diri menjadi Bupati Natuna, banyak hal yang sudah saya lakukan di Kepri. Berbagai pembangunan yang menyentuh masyarakat sudah dapat dirasakan. Ibarat rumah, saya harus pastikan rumah itu beres. Kalau sudah rapat dengan kementerian dan dirjen, saya tegas dan agak cerewet, bisa dilihat di youtube," pungkasnya.

Tak terasa kurang lebih enam jam perjalanan, KMP BN 01 bersandar di Pelabuhan Subi. Momen tersebut dipakai Cen Sui Lan dan rombongan untuk bersilaturahmi dengan masyarakat yang penasaran dengan sosoknya. Tanpa rasa canggung, Cen Sui Lan menegur, bersalaman dan berfoto bersama masyarakat.  Usai momen tersebut, KMP BN 01 bergerak membawa Cen Sui Lan dan rombongan ke Serasan untuk melakukan kampanye.

Lebih baru Lebih lama