Rangkul Pelaku IKM, Sentra Oleh-oleh Batam Hadir di Mega Mall

Batamramah.com, Batam - Kini hadir pusat oleh-oleh di Mega Mall, Batam Center, Batam. Berbagai macam oleh-oleh tersedia mulai dari makanan, tas, pakaian dan aksesoris yang di buat langsung oleh 40 Industri Kecil Menengah (IKM) binaan.

“ Semoga dengan dibukanya toko oleh-oleh di Mega Mall yang berdekatan langsung dengan pelabuhan internasional, diharapkan dapat jadi pilihan pengunjung untuk berbelanja jajanan khas Batam,” ungkap Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam Gustian Riau usai acara pembukaan Sentra oleh-oleh di Mega Mall, Selasa (17/09/2024) soreh.

Masih Kata Gustian, Sentra Oleh-Oleh Batam yang dibuka di Mega Mall tersebut merupakan toko pusat jajanan yang kedua. 

"Sebelumnya di Mall Botania 2 (MB2) dan sudah habis kontrak, karena kemarin memang kerja sama hanya 2 tahun. Lalu kami pindah ke sini karena peluangnya lebih besar disini dekat dengan pelabuhan internasional," ujar Gustian. 

Untuk memperkenalkan Sentra Oleh-Oleh Batam kepada pengunjung domestik maupun mancanegara, pihaknya juga akan membuat brosur serta imbauan agar wisatawan banyak yang singgah dan berbelanja di pusat jajanan tersebut.  

"Kalau banyak brosur nanti makin banyak juga yang singgah ke sentra ini," ucap Gustian. 

Gustian menyampaikan sentra oleh-oleh tersebut dibawah binaan Dekranasda dan Disperindag Kota Batam. 

“ Sedangkan untuk harga produk IKM yang dijual di sentra oleh-oleh cukup terjangkau. Harga cukup terjangkau, kita baru mulai juga, jadi harga juga terjangkau. Kualitas tentu bagus," terang Gustian.

Adapun sejumlah produk IKM yang ada di Sentra Oleh-Oleh Batam, mulai dari produk olahan, fesyen, hingga kerajaninan tangan. 

Sementara itu ditempat yang sama, Sekretaris Daerah Kota Batam Jefridin Hamid menyampaikan Sentra Oleh-Oleh Batam menjadi daya tarik baru bagi wisatawan domestik maupuan wisman saat berkunjung ke salah satu kota, terutama untuk mencari cendera mata. 

“ Dengan begitu para pelaku IKM dapat lebih giat dalam meningkatkan kualitas dari masing-masing produk agar menjadi pilihan wisman,” ujar Jefridin.

Lanjut Jefridin, ini merupakan salah satu magnet terbaru, sebagai tempat bagi pengunjung domestik ataupun mancanegara yang datang ke Batam. 

“ Mudah-mudahan para IKM kita bisa produksi lebih baik lagi, sehingga ini menjadi pilihan bagi masyarakat yang mencari oleh-oleh," tutup Jefridin.

Lebih baru Lebih lama