Tanjungsekuang Masuk Nominasi Kelurahan Terbaik Se-Indonesia

  


Batamramah.com: Kelurahan Tanjungsekuang, Kecamatan Batuampar, berhasil masuk dalam lima besar nominasi Kelurahan Terbaik Tingkat Regional I Sumatera. Prestasi ini diraih setelah Kelurahan Tanjungsekuang berhasil mengungguli ribuan kelurahan lain di seluruh Sumatera.

Dari lima kelurahan unggulan tersebut, akan dipilih tiga kelurahan untuk mengikuti seleksi di tingkat nasional bersama sembilan kelurahan dari regional lainnya.

Hari ini, Senin (26/8/2024), tiga dewan juri nasional dari Lomba Desa/Kelurahan Tingkat Nasional hadir di Batam untuk melakukan klarifikasi dan penilaian terhadap data yang telah disampaikan. Penilaian berlangsung di fasilitas umum Perumahan GMP Tanjungsekuang. Tim penilai tersebut terdiri dari Dr. Qadariah sebagai ketua, dan dua anggotanya, Mulyo Setiono serta Desta Puspayantri, yang disambut dengan meriah. Sambutan tersebut dimeriahkan dengan pertunjukan kompang, silat, dan tari persembahan.

Mereka terkesan dengan keramahan warga yang kompak mengenakan baju adat dari berbagai daerah seperti Sulawesi, Minang, Jawa, Flores, Aceh, Melayu, dan lain-lain. Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota Batam, Yusfa Hendri, juga turut menyambut kedatangan tim juri.

Lomba ini mengusung tema “Wujudkan Masyarakat Sejahtera Melalui Belanja Desa dan Kelurahan yang Berkualitas.”

Kelurahan Tanjungsekuang berhasil masuk dalam lima besar terbaik di Sumatera berkat berbagai inovasi dan keberhasilannya dalam membina kemitraan dengan sejumlah perusahaan di wilayahnya. Kemitraan ini diwujudkan melalui penyaluran hasil UMKM kelurahan kepada perusahaan-perusahaan tersebut.

Sebagian dari margin keuntungan sebesar 15 persen digunakan untuk mendanai program pemberantasan stunting dan gerakan PKK. Selain itu, inovasi teknologi tepat guna (TTG) berupa penemuan mesin pencacah singkong juga menjadi salah satu faktor keberhasilan, yang sangat membantu industri kecil menengah (IKM) dalam pengembangan usahanya.


Lebih baru Lebih lama