Raih Penghargaan, Kajari : Sangat Mengapresiasi atas Kepercayaan yang Diberikan Pemko Batam


Batamramah.com, Batam- Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Batam, I Ketut Kasna Dedi dan Kasi Perdata dan Tata Usaha Negara Jefri Hardi beserta tim  Jaksa Pengacara Negara (JPN) Kejari Batam menerima penghargaan dari Pemerintah Kota (Pemko) Batam terkait keberhasilan dalam penyelamatan aset milik Pemko Batam senilai total RP 334.171.251.600, pada Selasa (20/08/2024) bertempat di aula lantai 4 Pemko Batam.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Wali Kota Batam Muhammad Rudi dalam rangkaian acara penandatangaan akta penyerahan Prasarana dan Sarana Utilitas (PSU) dari 11 Developer ke Pemko Batam yang merupakan tindak lanjut dari  pendampingan hukum Jaksa Pengacara Negara Kejari batam pada Dinas Perumahan Rakyat, Permukiman dan Pertamanan (Perkim) dan Dinas Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD).

Dalam sambutannya, Kajari Batam I Ketut Kasna Dedi meyampaikan apresiasinya atas kepercayaan yang diberikan oleh Pemko Batam yang telah meminta pendampingan hukum kepada Kejari Batam khususnya jajaran JPN, dalam menyelesaikan permasalahan terkait aset milik Pemerintah Kota Batam, baik berupa PSU maupun aset-aset lainnya yang dikuasai oleh pihak ketiga maupun yang ditempati oleh pihak-pihak yang tidak berhak.



“Kami sangat mengapresiasi atas kepercayaan yang diberikan Pemko Batam yang telah meminta pendampingan hukum kepada Kejari Batam khususnya tim JPN,” kata Kasna.

Dalam pemaparannya, Kasna mengatakan, dalam pelaksanaan kegiatan pendampingan hukum, Tim JPN Kejari Batam telah melakukan upaya-upaya penyelamatan aset dan penyelesaian permasalahan-permasalahan yang pada akhirnya sejak Januari sampai dengan Agustus 2024 telah berhasil menyelamatkan aset Pemerintah Kota Batam berupa lahan dengan total Rp334.171.251.600.

Dengan rincian sebagai berikut, diperoleh dari kegiatan pendampingan hukum penyelesaian permasalahan aset dari PSU dan aset-aset milik Pemerintah Kota lainnya yang dikuasai oleh pihak yang tidak berhak sebesar Rp.174.729.826.600, kegiatan pendampingan hukum penyelesaian permasalahan aset dari PSU pada Dinas Perumahan Rakyat, Permukiman, dan Pertamanan Kota Batam (Dinas Perkimtan Kota Batam) sebesar Rp.159.441.425.000.

“Keberhasilan yang diperoleh merupakan hasil kerjasama dan kerja keras semua pihak yang terlibat baik itu Dinas Perkimtan Kota Batam dan Badan BPKAD Kota Batam, serta Badan Pendapatan Daerah Pemerintah Kota Batam, yang secara intens dan simultan mengambil langkah-langkah penyelesaian yang tetap memperhatikan ketentuan-ketentuan perundang-undangan yang berlaku,” ucap Kasna.

Melalui kesempatan tersebut, pihaknya mengapresiasi kepada 11 Developer yang telah menyerahkan PSU kepada Pemerintah Kota Batam walaupun pada awalnya kata Kasna, terdapat permasalahan-permasalahan yang akhirnya bisa diselesaikan bersama dalam kegiatan pendampingan hukum ini.



“Dengan serah terima ini, kami berharap agar selanjutnya aset-aset yang sudah diterima dapat dikelola dan dimanfaatkan dengan baik oleh Pemerintah Kota Batam sehingga membawa manfaat bagi masyarakat dan Kota Batam pada umumnya,” tutup Kasna.

Lebih baru Lebih lama