Perbanyak Akses Peserta, BPJS Kesehatan Kembali Buka di Mall Pelayanan Publik


Batamramah.com, Batam  – Per 1 Agustus 2024 BPJS Kesehatan Cabang Batam Batam kembali memberikan pelayanan administrasi kepada masyarakat Kota Batam di Mal Pelayanan Publik (MPP) yang berlokasi di Gedung Sumatera Promotion Centre di Kelurahan Belian, Batam Centre.

Kepala Cabang Batam, Harry Nurdiansyah mengatakan bahwa dibukanya layanan BPJS Kesehatan di MPP adalah salah satu bentuk dukungan kepada Pemerintah Kota Batam dalam hal meningkatkan kualitas pelayanan publik secara terpadu. Selain itu hal ini juga dilakukan untuk memberikan layanan yang mudah dijangkau oleh masyarakat yang ingin memperoleh layanan di luar kantor cabang.

"Sebagai salah satu lembaga yang menyelenggarakan pelayanan publik, BPJS Kesehatan juga berupaya untuk mendukung pelayanan terpadu ini untuk menciptakan pelayanan publik yang cepat, mudah, nyaman dan terintegrasi pada Mal Pelayanan Publik Kota Batam,” kata Harry.

Harry menjelaskan, layanan BPJS Kesehatan di MPP berlangsung dari pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 12.00 WIB pada hari Senin sampai Jumat. Sementara layanan yang dapat diperoleh oleh peserta sama dengan di kantor cabang.


”Layanan yang diberikan di MPP sama dengan di kantor cabang yakni pendaftaran, perubahan data, dan lainnya. Untuk itu bagi peserta yang ingin memperoleh layanan BPJS Kesehatan tidak harus ke kantor cabang, layanan bisa juga diperoleh di MPP.

Maghdalena, salah satu peserta JKN yang berprofesi sebagai Ibu Rumah Tangga ini, mengakses loket BPJS Kesehatan di MPP untuk mengetahui status kepesertaanya dan anak-anaknya.

“Iya, jadi anak saya sudah bekerja semua dan sudah berpisah KK sama saya. Untuk itu saya ingin memastikan tagihan saya sudah terpisah dengan mereka. Untungnya sekarang BPJS Kesehatan sudah ada di MPP.

Maghdalena juga mengaku ingin melakukan pembayaran tunggakan, namun diarahkan untuk melakukan pembayaran ke bank atau secara online di kanal yang telah disediakan oleh BPJS Kesehatan.

“Selain merasa tertolong dengan hadirnya loket BPJS Kesehataan di MPP ini, saya juga ingin mengapresiasi keramahan dan responsifnya pegawai BPJS Kesehatan, karena pertanyaan saya walaupun banyak tapi tetap dijawab. Sepertinya kalau durasi jam pelayanan di MPP ini diperpanjang, bakalan lebih enak karena tidak perlu lagi ngantri di kantor yang selalu padat peserta,” kata Maghdalena.

Noza Selvianingsih, seorang guru yang juga mengakses layanan di MPP ini mengatakan bahwa keberadaan MPP ini lebih dekat dengan lokasinya sehingga lebih mudah dijangkau.

“Saya terbantu banget dengan adanya loket BPJS Kesehatan di MPP ini karena dekat dengan tempat saya, dan saya tidak perlu pusing memikirkan parkir dan bisa langsung ke mall sebelah kalau sudah selesai pelayanan,” kata Noza.

Sama seperti Maghdalena, Noza pun menyampaikan pengalaman yang menyenangkan setelah dilayani di loket BPJS Kesehatan sebab tidak ada perlakuan buruk yang didapatkan.

“Saya senang dengan pelayanannya, petugasnya ramah dan murah senyum juga,” kata Noza.

Kehadiran BPJS Kesehatan di MPP diharapkan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Kota Batam untuk memperoleh layanan administrasi sehingga peserta tidak perlu datang ke kantor cabang.

Namun apabila peserta memang berhalangan untuk mengakses layanan secara tatap muka, peserta JKN maupun masyarakat Kota Batam dapat mengakses layanan secara non tatap muka melalui Aplikasi Mobile JKN dengan mengunduh di playstore maupun apps store, Pandawa di 0811 8 165 165 atau melalui Care Center di 165.

Lebih baru Lebih lama