Jefridin Pimpin Upacara Meriah Hari Pramuka ke-63 di Sagulung



Batamramah.com, Sekretaris Daerah Kota Batam sekaligus Ketua Kwarting Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Batam, Jefridin, M.Pd. memimpin jalannya upacara perayaan Hari Pramuka ke-63 tingkat Kwartir Ranting Sagulung. Upacara berlangsung di Lapangan Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) pada Kamis (15/8/2024).

Dalam sambutannya, Jefridin mengajak seluruh peserta untuk bersyukur dan menjadikan Hari Pramuka sebagai momen introspeksi diri.

“Mari kita bersyukur dan menjadikan Hari Ulang Tahun Pramuka ini sebagai ajang introspeksi diri. La in Syakartum Laazidannakum, ‘Jika kalian bersyukur maka Aku (Allah SWT) tambahkan untuk kalian nikmat,'” ujar Jefridin.

Jefridin mengapresiasi Kwartir Ranting Sagulung atas pelaksanaan upacara yang meriah dan penuh semangat. Ia juga menyoroti pencapaian pramuka garuda, yang merupakan pramuka teladan yang telah memenuhi berbagai persyaratan dan menunjukkan kemampuan dalam pelaksanaan fardu kifayah, seperti memandikan, mengafani, mensholatkan, dan menguburkan jenazah.

“Ini adalah momen yang tepat untuk menjadi pramuka sejati. Kita perlu mengevaluasi sejauh mana penerapan SKU dan SKK, termasuk kewajiban menabung yang harus dilakukan dengan rajin,” tambah Jefridin.

Lebih lanjut, Jefridin menekankan pentingnya menguasai dan menerapkan Dasa Dharma Pramuka dalam kehidupan sehari-hari.

“Dasa Dharma Pramuka pertama adalah takwa kepada Tuhan YME, pramuka harus rajin beribadah. Sedangkan Dasa Dharma Sepuluh menuntut kita untuk suci dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan. Ini berarti seorang pramuka harus menjaga kebersihan pikiran, lisan, dan perbuatan,” jelasnya.

Jefridin juga menegaskan bahwa pramuka mengajarkan tanggung jawab bagi pelajar dan bagi orang dewasa, pramuka harus dijadikan sebagai ladang pengabdian. Upacara ini diharapkan dapat memperkuat komitmen dan semangat para anggota pramuka untuk terus berkontribusi positif bagi masyarakat.

Lebih baru Lebih lama