Hotman Hutapea Pimpin Batak Toba Nahumaliang Periode 2025-2029

Batamramah.com, Batam  - Hotman Hutapea resmi memimpin paguyuban Batak Toba Nahumaliang periode 2025-2029, dalam Musyawarah Besar (Mubes) ke-3 yang digelar di Gedung Serba Guna HKBP Lubuk Baja, Batam, Sabtu (3/8/2024).

Hotman yang juga merupakan Dewan Penasehat Ikabsu kota Batam ini terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Batak Toba Nahumaliang untuk periode 2025-2029.

Dalam Mubes tersebut, ada tiga kandidat diusung oleh masing-masing marga, yaitu Ir. Hotman Hutapea, Dr. Sahat, SH, MH, dan Joller Sitorus. Namun, Hotman Hutapea akhirnya terpilih secara aklamasi untuk memimpin organisasi sosial budaya ini.

Hotman Hutapea menegaskan, paguyuban Batak Toba Nahumaliang menekankan pentingnya menjaga kebersamaan dan persatuan dalam organisasi sosial budaya.


"Organisasi ini hanya untuk sosial budaya, tidak ada kaitannya dengan politik atau pemilu. Kami hanya mengurus aspek sosial dan budaya masyarakat Batak Toba," tegas Hotman.

Hotman juga menyampaikan rencana-rencananya ke depan, termasuk memperbarui format kegiatan agar lebih sesuai dengan kondisi masyarakat Batam. 

"Kami akan membuat format yang menyesuaikan dengan kondisi di Batam. Misalnya, pesta yang biasanya berlangsung hingga pukul 07.00, akan kami ubah menjadi sampai pukul 17.00 agar lebih sesuai dengan rutinitas masyarakat," jelas Hotman.

Lebih lanjut, Hotman menekankan pentingnya menjaga persatuan dan solidaritas di antara komunitas Batak Toba. 

"Kita akui paguyuban ini lama vakum, jadi kita menghidupkan kembali. Yang penting adalah ada yang memimpin. Bersama-sama menjaga nama baik Batak Toba Nahumaliang di Kota Batam," ungkap Hotman..

Rencana pelantikan akan dilaksanakan pada bulan September mendatang, bersamaan dengan kegiatan besar yang melibatkan banyak anggota. 

"Pada bulan September nanti, kami akan mengadakan kegiatan besar yang melibatkan banyak anggota. Ini adalah bagian dari upaya kami untuk terus menghidupkan dan memperbarui budaya Batak Toba. Kita akan mengundang penyanyi-penyanyi Batak untuk menghibur masyarakat Batam," terang Hotman.

Hotman, yang juga mantan anggota DPRD Kepulauan Riau, berharap organisasi Batak Toba Nahumaliang dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat Batak Toba di perantauan. 


"Batak Toba Nahumaliang ini sudah dibentuk dari tahun 1999 lalu. Dan kembali kita aktifkan. Kami juga ingin memastikan bahwa setiap marga Batak di sini tetap terhubung dan terorganisir dengan baik," ujar mantan anggota DPRD Kepri itu.

Dengan terpilihnya Hotman Hutapea sebagai ketua, diharapkan organisasi ini dapat menjadi wadah yang efektif dalam melestarikan budaya Batak Toba di Batam dan sekitarnya, sekaligus memperkuat ikatan sosial antara sesama masyarakat Batak Toba di perantauan.

Lebih baru Lebih lama