Hari Anak Nasional 2024, OJK Kepri Berikan Edukasi Keuangan di SDN 009 Batam


Batamramah.com, Batam - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ProvinsiKepulauan Riau terus meningkatkan literasi keuangan bagimasyarakat, terutama kelompok pelajar tingkat SekolahDasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) yang merupakan salah satu Sasaran Prioritas Literasi Keuangan tahun 2024 serta menumbuhkan kesadaran menabung sejak usia dini. 

Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional Tahun 2024, OJK Provinsi Kepulauan Riau melaksanakan Program “OJK Goes to School” dalam bentuk kegiatan edukasi tentang PengelolaanKeuangan Bagi Pelajar Tingkat SD/MI kepada lebih dari 300siswa/siswi pelajar Kelas V dan VI SDN 009 Botania, Batam Kota,yang diselenggarakan akhir pekan lalu.


Kepala OJK Provinsi Kepuluan Riau yang diwakili oleh KepalaBagian Pengawasan Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PEPK) dan Layanan Manajemen Strategis (LMS) Muhammad Lutfi dalamsambutannya menekankan pentingnya literasi keuangan sejak usiadini seperti pelajar tingkat SD.

“Literasi Keuangan merupakan pengetahuan dan keterampilanyang dibutuhkan sehingga kelak dapat membuat keputusankeuangan yang bijak agar bisa mencapai tujuan atau impian yang diinginkan,” kata Lutfi.

Dalam kesempatan tersebut, Lutfi menyampaikan apresiasi kepadapihak sekolah dan orang tua yang telah mendukung penuh kegiatanini. Harapannya melalui kegiatan ini, dapat memberikan manfaatbesar para siswa/siswi dan menjadi langkah awal bagi anak-anakuntuk menjadi generasi yang cerdas dan bijak dalam mengelolakeuangan.

Sementara itu, Kepala SDN 009 Botania Batam Kota Marianimenyampaikan apresiasi atas kunjungan Tim OJK Kepri sertamenyambut baik kegiatan ini. 

“Harapannya para siswa/siswi dapat mengikuti kegiatan ini denganbaik sehingga bisa menambah pengetahuan dalam mengaturkeuangan juga lebih bersemangat dalam menabung,” kata Mariani.


Analis Bagian Pengawasan Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan(PEPK) dan Layanan Manajemen Strategis (LMS) Ermawati A.M bertindak selaku narasumber yang menyampaikan materi Pengenalan OJK, Lembaga Jasa Keuangan, produk keuangan untuk pelajar tingkat SD/MI, serta manfaat menabung atau berinvestasi .

Para siswa/siswi mengikuti dengan antusias kegiatan edukasi ini, terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan baik terkait tugas dan fungsi OJK, misi dan visi OJK, cara-cara mengatur keuangan hingga manfaat dari menabung. 

Kegiatan diakhiri dengan pembagian souvenir bagi peserta yang aktif selama kegiatan edukasi berlangsung.

Lebih baru Lebih lama