Pastikan Rupiah Tersedia di Perbatasan, Bank Indonesia dan TNI AL Gelar Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2024 di Kepulauan Riau


Batamramah.com, Batam - Bank Indonesia (BI) bekerjasama dengan Tentara Nasional Indonesia-Angkatan Laut (TNI AL) menyelenggarakan Ekspedisi Rupiah Berdaulat (ERB) 2024 di Kepulauan Riau (Kepri). 

Ekspedisi yang dimulai pada tanggal 20 Juli 2024 ini merupakan bagian dari upaya untuk memastikan ketersediaan dan uang rupiah di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

Secara resmi keberangkatan ekspedisi dilepas langsung oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kepri, Adi Prihantara, Komandan Lantamal IV Batam, Laksamana Pertama TNI Tjatur Soniarto, dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepri, Suryono bertempat di Dermaga Utara Pelabuhan Batu Ampar, Kota Batam, Sabtu (20/07/2024).

Dalam sambutannya, Sekda Adi menyampaikan apresiasi dari Gubernur Kepri atas perhatian, kerja sama, serta kolaborasi Bank Indonesia dengan TNI AL dan berbagai instansi dalam mendorong aktivitas perekonomian, termasuk di wilayah 3T. 

“ Kami sangat mengapresiasi Bank Indonesia dan TNI AL yang terus menjalankan tugas ekspedisi rupiah berdaulat bersama tim kas keliling di wilayah 3 T, karena tidak semua pulau ada Rupiah, dengan adanya ekspidisi ini tentunya masyarakat lebih bangga dengan Rupiah,” ungkap Adi.

Selain itu, Komandan Lantamal IV Batam juga menyampaikan apresiasi dari Asisten Operasi KSAL, Laksamana Muda TNI Yayan Sofiyan, atas sinergi Bank Indonesia yang turut menjaga kedaulatan NKRI dari sisi pemenuhan kebutuhan uang rupiah di seluruh negeri.

Sesuai dengan Undang-Undang No. 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang, Bank Indonesia memiliki tugas untuk mengelola uang rupiah yang mencakup perencanaan, pencetakan, pengeluaran, pengedaran, pencabutan, dan pemusnahan uang rupiah. 

Pengelolaan uang rupiah tidaklah mudah mengingat Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan ribuan pulau dan wilayah perbatasan yang luas. 

Oleh karena itu, Bank Indonesia menghadapi tantangan utama dalam mengedarkan uang rupiah, antara lain infrastruktur yang terbatas di daerah terpencil seperti wilayah Terdepan, Terluar, dan Terpencil (3T); tingkat pendidikan masyarakat yang beragam yang mempengaruhi perilaku masyarakat dalam memperlakukan uang; dan penggunaan uang selain rupiah khususnya di wilayah perbatasan.


Untuk menjawab tantangan tersebut, Bank Indonesia telah merancang berbagai strategi, termasuk menjalin kerja sama strategis dengan TNI AL. Sejak tahun 2011, Bank Indonesia dan TNI AL telah berhasil melaksanakan kegiatan pelayanan kas keliling di pulau-pulau terluar NKRI dengan tujuan utama memastikan ketersediaan uang rupiah layak edar di wilayah-wilayah yang sulit dijangkau transportasi publik.

Sementara itu, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepri Suryono mengatakan, ekspedisi ini akan menggunakan Kapal Perang KRI Kerambit–627 untuk mengangkut uang tunai sejumlah Rp12,5 miliar dan direncanakan berlangsung hingga 26 Juli 2024.

“ Pada tahun 2024, Bank Indonesia dan TNI AL memperluas cakupan layanan kas keliling melalui program "Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2024",” ungkap Suryono.

Dikatakan Suryono, Program ini akan dilaksanakan sebanyak 18 kali di 18 provinsi dengan target mencapai 90 pulau. Khusus di Provinsi Kepri, ekspedisi akan berfokus pada 5 (lima) pulau 3T di Kepri.

“ Adapun lima pukau tersebut yaitu, Pulau Singkep (Kabupaten Lingga), Pulau Tambelan (Kabupaten Bintan), Pulau Subi Besar dan Pulau Midai (Kabupaten Natuna), serta Pulau Tarempa (Kabupaten Kepulauan Anambas),” jelas Suryono.

Ekspedisi ini akan menggunakan Kapal Perang KRI Kerambit–627 untuk mengangkut uang tunai sejumlah Rp12,5 miliar, dan direncanakan berlangsung hingga 26 Juli 2024. Selama ekspedisi, selain mengedarkan uang rupiah, Bank Indonesia juga akan melakukan sosialisasi dan edukasi tentang Cinta, Bangga, dan Paham Rupiah, serta menyalurkan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) di bidang pendidikan dan keagamaan.

Bank Indonesia secara konsisten akan melakukan berbagai upaya dan inovasi untuk memenuhi kebutuhan uang rupiah dengan jumlah yang cukup dan pecahan yang sesuai di seluruh wilayah NKRI. 

“ Selain itu, Bank Indonesia juga akan terus menjalin sinergi yang solid dengan TNI AL, pemerintah daerah, dan berbagai pihak untuk dapat berkontribusi nyata pada perekonomian nasional,” tutur Suryono.

Lebih baru Lebih lama