Jelang Mubes Batak Toba Nahumaliang 2024, Para Kandıdat Siapkan Visi Misi

 


Batamramah.com, Batam - Pra Musyawarah Besar (Mubes) Batak Toba Nahumaliang sudah dilaksanakan di Gedung serba guna Gereja HKBP Lubukbaja, Batam,Sabtu (26/07/2024) Malam.

Dikatakan Victor Silitonga Ketua 1 Batak Toba Nahumaliang Batam yang didampingi Sekertaris OC Batak Toba Nahumaliang Kota Batam, Mider Sinaga kegitana ini bertujuan untuk memperkuat ikatan di antara marga-marga Batak yang berasal dari Toba, sekaligus membahas persiapan Mubes yang bakal dilaksanakan pada tanggal 3 Agustus mendatang.

"Kami berkumpul malam ini untuk menyampaikan kepada ketua marga agar pada tanggal 3 Agustus, seluruh anggota bisa menggunakan hak suaranya dalam memilih badan pengurus harian, termasuk ketua, sekretaris, dan bidang lainnya," jelas Victor.

Victor menegaskan pentingnya persatuan dalam membangun komunitas mereka di Batam. Diketahui bahwa komunitas ini telah berkembang pesat, terbentuk sejak tahun 1999 dari 64 marga kini menjadi 100 marga pada mubes 2024 kali ini.

"Kami berharap semakin banyak warga Batak yang datang ke Batam sebagai kota perantauan, sehingga kita bisa semakin kuat dalam memelihara kebudayaan dan solidaritas kami," tutur Victor.

Sementara itu, untuk posisi ketua, ada tiga kandidat yang akan bertarung, dengan sistem pemilihan yang bisa saja berakhir dengan aklamasi jika visi misi mereka memenuhi harapan marga.

Selain itu, pertemuan ini juga membahas pembaharuan anggaran dasar untuk mengakomodasi perkembangan kebutuhan kota Batam, termasuk beberapa peran di bidang hukum, kegiatan seni budaya, dan peran wanita dalam organisasi.

Victor optimis bahwa pemilihan pengurus harian yang akan datang akan berlangsung demokratis dan menghasilkan kepemimpinan yang bisa membawa paguyuban Batak Toba Nahumaliang Batam ke arah yang lebih baik. Dalam Mubes yang bakal digelar nantinya, akan dipilih ketua dan pengurus Batak Toba Nahumaliang Kota Batam, periode 2024-2029.

“Kita berharap Mubes yang nantinya digelar bisa berjalan lancar dan aman. Karena, kegiatan ini membawa komunitas Batak ke arah yang lebih baik untuk lima tahun ke depan,” harap Victor.

Mider Sinaga, Sekertaris OC Mubes, menegaskan bahwa persiapan telah sesuai dengan rencana, dan mengundang seluruh marga untuk bergabung dalam acara mubes.

"Dalam kegiatan nanti, kami ingin mempertahankan dan meningkatkan kegiatan sosial serta kebudayaan, yang merupakan inti dari identitas kami sebagai Batak Toba Nahumaliang di Batam," ucap Mider.

Dengan semangat yang tinggi, mubes ini diharapkan tidak hanya memilih pemimpin baru, tetapi juga memperkuat solidaritas dan kegiatan kebudayaan komunitas Batak Toba Nahumaliang di Batam.

Lebih baru Lebih lama