SMA Negeri 3 Batam Gelar Pentas Seni, Bentuk Implementasi Kurikulim Merdeka

 


Batamramah.com,  Batam - Siswa Siswi SMA Negeri 3 Kecamatan Batam Center, kota Batam menggelar pentas seni dalam rangka mengimplementasikan kurikulum merdeka bertempat di halaman sekolah SMA Negeri 3, Selasa (21/05/2024).

Kepala Sekolah SMA Negeri 3 kota Batam, Syarifah Silvia Andriyani, S.Pd, M.M mengatakan Kegiatan pembelajaran luar kelas ini merupakan implementasi Kurikulum Merdeka yang dicanangkan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI

“ Kegiatan ini untuk melatih anak anak tentang kewirausahaan dan kemandirian. Karena SMA merupakan sekolah formal yang tidak sama dengan SMK yang mempunyai pusat keunggulan,” jelas Syarifah.


Lanjut dikatakan Syarifah,dengan adanya kegiatan ini, anak didik bisa belajar dari kewirausahaan. Seperti membuat berbagai makanan nusantara.

Sementara itu, Adwalyan Sadar selaku ketua Panitia Acara menjelaskan kegiatan ini merupakan aksi nyata dalam tajuk kebhinekaan global dengan tema implementasi keberagaman budaya Indonesia dalam menguatkan jiwa kewirausahaan yang mandiri.

“ Ini ada dua kegiatan yang pertama kebhinekaan yaitu menunjukkan untuk di kelas X dalam proses belajar ada kurikulum merdeka ada aksi nyata kebhinekaan,” terang Adwalyan.

Dengan kegiatan seperti ini, sambung Adwalyan, anak didik mengetahui beragam daerah yang ada di Indonesia dari sabang sampai merauke.

Ditempat sama, Ardiansyah Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah V Provinsi Kalimantan Timur sangat mengapresiasi sekali dengan adanya kegiatan tersebut, ini merupakan implementasi permendikbud 12 tahun 2024 tentang kurikulum merdeka. 


“ Sedangkan sekarang kurikulum merdeka adalah aksi nyata Pojek, Penguatan, Profil, Peajar Pancasila (P5) dari teman teman SMA Negeri 3 kota Batam,” ucap Ardiansyah.

Kepala Sekolah SMAN 1 Long IKIS Paser Kalimantan Timur, Suyarno,S.Pd.,M.Pd. mengatakan sangat luar biasa sekali kami rombongan dari Kalimantan timur merasa sangat bersyukur sebagai studi tiru penerapan implementasi kurikulum merdeka.

“ Kegiatan hari ini merupakan salah satu kegiatan yang di implementasikan dari kurikulum merdeka,” terang Suyarno.

Lanjut Suyarno, kegiatan  ini sangat luar biasa sekali dengan tema yang diambil sebagai aksi nyata dari P5 SMA negeri 3 terkait dengan implementasi keberagaman budaya Indonesia untuk jiwa kewirausahaan yang mandiri ini sangat luar biasa.

“ Kami yakin juga bisa meniru kegiatan ini dan kami sangat mengapresiasi kegiatan ini yang tertata dan terkoordinir dengan baik,” ujar Suyarno.

“ Alhamdulillah dengan kekompakan bisa dapat ditiru, Rencana kedepan akan kita coba untuk menyampaikan persepsi tentang bagaimana keberagaman budaya terutama pada implementasi kurikulum merdeka,” tutur Suyarno.

Turut hadir dalam kegiatan Anggota komisi IV, DPRD Provinsi Kaltim, Kepala Cabang dinas pendidikan Wilayah 5 Provinsi Kalimantan Timur, dan Beberapa Perwakilan dari Wali Murid SMA Negeri 3.

Lebih baru Lebih lama