Marlin Hadiri Pelantikan Wuamesu Ende Lio & HUT Ke-3 Basiba



Batamramah.com, Sagulung - Wakil Gubernur Kepulauan Riau Hj Marlin Agustina, diundang bersama Wali Kota Batam H Muhammad Rudi (HMR), menghadiri acara dua paguyuban di Kota Batam. 


Yang pertama, menyaksikan Wali Kota Batam HMR melantik langsung pengurus Wuamesu Ende Lio Kota Batam Periode 2023-2028, di Tunas Regency, Sagulung, Sabtu (9/12/2023).


Selanjutnya, menghadiri peringatan milad (hari ulang tahun) ke-3 Komunitas Basiba Kota Batam, di Hotel AP Premiere, Jodoh, Minggu (10/12/2023).


Basiba merupakan baju kurung wanita khas Minang dengan beragam macam ciri khas tingkuluak di kepala. 


Komunitas Basiba sendiri dibentuk dengan latar belakang merawat dan melestarikan budaya Minang, khususnya budaya berpakaian kaum perempuan Minang (baju Basiba) di Kepulauan Riau, khususnya di Kota Batam.  


Sementara itu pada pelantikan pengurus Wuamesu Ende Lio Kota Batam, Marlin yang tak lain Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Batam ini dipakaikan selendang khas Ende. 



Demikian juga Wali Kota Batam HMR didaulat sebagai Mosalaki, atau Kepala Suku Ende di Kota Batam, yang ditandai dengan dipakaikan Ragi Lambu-Luka Lesu, pakaian kebesaran Suku Ende, Kabupaten Ende Lio, Provinsi Nusa Tenggara Timur.


Tetap dengan memakai kemeja putih kebanggaannya, HMR memakai kain tenun yang diselempangkan di bahu kanannya. Dia juga memakai kain berwarna hitam dengan motif garis kuning dan biru sebagai kain bawahan.


Sebaga pelengkap baju adat, dia juga menggunakan ikat kepala berbentuk meruncing dengan warna coklat bergaris emas. 

Lebih baru Lebih lama