Spektakuler & Mengguncang: Dihadiri Ribuan Warga, HMR & Marlin Buka Soenda Fest 2023



Batamramah.com, ENGKUPUTRI - Wali Kota Batam H Muhammad Rudi (HMR), bersama Wakil Gubernur Kepulauan Riau Hj Marlin Agustina, membuka Soenda Fest Batam 2023, di Dataran Engkuputri Batam, Batamkota, Sabtu (4/11/2023) malam.


Pesta rakyat Sunda di Kota Batam ini berlangsung tiga hari, dimulai Jumat dan berakhir Minggu, atau 3-5 November 2023.


Disebut "pesta rakyat", karena menampilkan berbagai kesenian khas Sunda, di antaranya, seni tari jaipong bajidoran, sisingaan, pencak silat, debus, dan lainnya. Tak hanya itu, juga banyak disajikan aneka kuliner khas Jawa Barat lewat bazar UMKM.


Tampil menghibur, musisi papan atas asal tanah Pasundan, seperti Doel Sumbang dan Acil Bimbo. Dari kalangan anak muda ada Sany (ex band Five Minutes), Sonia KDI, dan banyak lagi. 



Dalam pembukaan acara yang sangat meriah ini, HMR yang tampil dengan beskap (pakaian adat Sunda formal) lengkap, diberi kujang khusus usai dipakaikan "totopong" --adalah ikat kepala pria dari Sunda-- oleh sesepuh masyarakat Sunda. Ini berarti secara resmi menjadi warga kehormatan bagi warga asal Jawa Barat dan Banten.


Dalam sambutannya, HMR memberi apresiasi atas terselenggaranya Soenda Fest 2023, sebagai ajang mempererat silaturahmi antar-masyarakat.


"Selain itu juga sebagai salah satu upaya melestarikan seni budaya dan juga kuliner khas Jawa Barat dan Banten," terangnya.


𝗣𝗲𝗿𝗲𝗿𝗮𝘁 𝗦𝗶𝗹𝗮𝘁𝘂𝗿𝗮𝗵𝗺𝗶 

Selanjutnya, HMR yang juga Kepala Badan Pengusahaan Batam itu, mengajak seluruh elemen masyarakat Kota Batam, khususnya asal Jawa Barat dan Banten, menjaga persatuan dan kesatuan, serta terus mendukung pembangunan Kota Batam.


Sebagaimana diketahui bahwa pembangunan di semua sektor saat ini terus digesa, mulai dari jalan-jalan utama, bandara, pelabuhan dan banyak lainnya. 


Hal itu dilakukan tidak lain adalah menjadikan  Batam sebagai kota baru, bandar dunia madani yang maju dan modern,


"Selamat dan sukses terselenggaranya Soenda Fest 2023 di Kota Batam, mari pererat silaturahmi," katanya.


Turut hadir, Sekretaris Daerah Kota Batam H Jefridin, seluruh unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Batam, serta para pimpinan dan pegawai Pemko Batam dan BP Batam.



𝐉𝐞𝐟𝐫𝐢𝐝𝐢𝐧 𝐁𝐞𝐫𝐢 𝐀𝐩𝐫𝐞𝐬𝐢𝐚𝐬𝐢

Sementara itu, Sekda Kota Batam H Jefridin, mengapresiasi atas gelaran acara nan spektakuler ini.


“Apresiasi kepada seluruh masyarakat Batam asal Sunda ini, membawa dan menampilkan kesenian khasnya di tanah Melayu. Luar biasa warga Batam tumpah ruah di sini,” ucapnya.


Jefridin menyebut, momen ini kian memperteguh eksistensi Kota Batam sebagai miniaturnya Indonesia. Berbagai suku, agama, dan ras ada di sini. Salah satunya warga Sunda. 


“Batam merepresentasikan penduduk Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Alhamdulillah semua rukun, meski beragam,” katanya.


Jefridin menjelaskan justru perbedaan inilah yang semakin mempererat dan mempersatukan warga Batam, serta memaknai Batam sebagai rumah bersama.


Sekda juga mengapresiasi Soenda Fest Batam 2023 yang turut menggandeng dan mendukung usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kota Batam. “Allhamdulilah kegiatan ini juga memberikan rezeki dan dampak positif bagi UMKM kita,” ucapnya.

Lebih baru Lebih lama