Melawa Premium Teh Tarik Belakang Padang Hadir di Bengkong, Kapolsek Bengkong Yakin Jadi Tempat Kunjungan Utama Wisatawan

 


Batamramah.com, Batam - Kapolsek Bengkong, Iptu Doddy Basyir, S.H., M.H, menyampaikan selamat atas dibukanya Melawa Premium Teh Tarik Belakang Padang, Kawasan Wisata Golden Prawn Bengkong, Batam. 


"Pertama tentu kami sampaikan selamat. Mudah-mudahan ke depan tamu makin banyak yang datang dan terus berkembang," kata Dody Basyir saat menghadiri grand opening cafe and resto Malawa Premium Teh Tarik Belakang Padang, Sabtu (30/9/2023) pagi.


Dody memuji konsep yang diusung oleh pengelola, yang menurutnya berbeda dari cafe dan resto yang sudah ada sebelumnya di Kota Batam. Apalagi Melawa Premium Teh Tarik Belakang Padang, menyajikan makanan dan minuman khas Melayu. 


“Dari segi penamaan sendiri, juga langsung membawa nama pulau yang ada di daerah Batam, yakni Belakang Padang. Mudah-mudahan tempat ini menjadi salah satu tempat makan dan tujuan wisatawan, baik lokal maupun turis asing,” kata Dody. 


Yang tak kalah pentingnya kata Dody, hadirnya Melawa Teh Tarik Belakang Padang tentu membuka lapangan kerja baru dan mendorong tumbuh kembangnya sektor pariwisata di Kota Batam.



Hal ini juga sangat sejalan dengan upaya pemerintah dalam kembali menggerakkan roda ekonomi yang terpukul akibat pandemi Covid-19 selama tiga tahun belakangan.


“Kita yakin dengan dibangunnya tempat ini, juga sejalan dengan upaya Pemerintah Kota (Pemko) Batam dalam pengembangan sektor pariwisata, salah satunya dengan menyiapkan infratruktur," ujarnya.


Pengelola Melawa Teh Tarik Belakang Padang, Ramon Damora, menyampai terima kasih atas kehadiran Kapolsek Bengkong dalam pembukaan Melawa Premium Teh Tarik Belakang Padang. 


Dijelaskan Ramon, Melawa Premium Teh Tarik Belakang Padang merupakan cabang Melawa Teh Tarik Belakang Padang yang ada di Kompleks KBC, Batamcenter. Namun, yang menjadi perbedaannya, Melawa Premium tempatnya jauh lebih besar. Sehingga menampung jumlah tamu lebih banyak. Kemudian di Melawa Premium juga bisa dijadikan tempat berbagai kegiatan, mulai dari meeting, seminar, ulang tahun, bahkan tempat pernikahan.


"Tempat kita ini mampu menampung ratusan orang dan kita juga memiliki ruang VIP ber-AC yang mampu menampung puluhan orang dan ada dua ruangan," ungkap Ramon. 


Sedangkan dari segi makanan dan minuman hampir sama. Tetap menyajikan makanan dan minuman khas Melayu. Mulai dari sarapan ada prata, lontong sayur, nasi kuning rempah, nasi lemak Melayu, mie lendir, serabi, dan spesial pulut serundeng yang banyak dicari konsumen. 


Sedangkan minuman, Teh Tarik Belakang Padang tetap menjadi minuman andalan, di samping minuman lainnya, seperti kopi, teh campuran, air jahe, aneka juice, cendol, hingga es krim. 


"Kudapan-kudapan juga banyak tersedia, ada epok-epok, luti gendang, kentang tumbuk, jamur jarum, cendawan, bolu kampung, roti bakar, dan banyak lagi yang lain," ungkap Ramon. 


Selain itu juga tersedia berbagai masakan olahan mie atau bihun. Kemudian ada juga berbagai variasi nasi goreng, olahan ikan, seafood, ayam, sop ikan, sop daging, sop tulang, dan berbagai jenis masakan Melayu lainnya. "Untuk jam buka mulai dari jam 06.00-22.00 WIB," ungkapnya.


Sementara, Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Kota Batam, Ardi Winata, yang juga hadir dalam acara pembukaan juga menyampaikan selamat atas mulai dibukanya Melawa Premium Teh Tarik Belakang Padang di kawasan Bengkong. 


Ardi pun yakin Melawa Premium Teh Tarik Belakang Padang akan menjadi tujuan utama wisatawan lokal maupun asing yang mencari tempat untuk menikmati makanan atau minuman khas Melayu di Kota Batam. 


Di katakan Ardi, belum banyak di Batam cafe atau resto yang mengangkat kearifan lokal dan Melawa Teh Tarik Belakang  Padang merupakan yang terbaik saat ini, baik yang ada di Kompleks KBC maupun yang ada di Bengkong saat ini. 


"Ada seribu lebih resto di Batam, namun yang bergenre Melayu tak banyak. Hadirnya Melawa Teh Tarik Belakang Padang mempu membuat kita benar-benar berada di Batam," kata Ardi. 


Ke depan, melihat tempat Melawa Premium Teh Tarik Belakang Padang yang cukup luas, dia pun menyarankan ke depan juga dihadirkan kesenian-kesenian Melayu lainnya sehingga lebih dapat menarik kunjungan wisatawan. 


"Selain sudah menampilkan musik Melayu ke depan juga bisa dibuat atraksi seni Melayu lainnya," sarannya. 



Terakhir atas nama Pemerintah Kota Batam, Ardi menyampaikan selamat dengan mulai dibukanya Melawa Teh Tarik Belakang Padang di kawasan Bengkong. 


"Ini tentu sangat sejalan dengan upaya Pemerintah Kota Batam, Bapak Wali Kota Batam, Muhammad Rudi yang telah menyiapkan berbagai infrastruktur dalam rangka mendorong tumbuhnya perekonomian salah satunya melalui sektor wisata. Mari sama-sama kita berkolaborasi dalam memajukan sektor pariwisata di Batam," kata Ardi.

Lebih baru Lebih lama